There was an error in this gadget

Saturday, September 24, 2011

Daftar Istilah Dalam Pembelajaran

(sumber: Benny A. Pribadi, 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat) Daftar Istilah -Afektif: Kemampuan Untuk memilih suatu tindakan dalam menghadapi situasi yang bersifat spesifik. -Analisis: Kemampuan dalam mengurai konsep dan menjelaskan keterkaitan komponen yang terdapat di dalamnya. -Analisis kebutuhan: Analisis yang dilakukan untuk mengetahui masalah kinerja yang sebenarnya sedang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan. Masalah yang ditemukan dapat menggambarkan bentuk solusi yang diperlukan, yaitu pelatihan dan non pelatihan. -Analisis tugas: Analisis yang dilakukan terhadap prosedur pelaksanaan suatu tugas dan pekerjaan untuk memperoleh tugas dan pekerjaan tersebut. -Analisis karakteristik siswa: Analisis yang dilakukan untuk lebih mengenal kemampuan dan potensi siswa yang akan berperan serta dalam program pembelajaran yang didesain. -Aplikasi: Kemampuan dalam menerapkan prinsip, aturan, konsep, dan pengetahuan yang telah dipelajari. -Behavioristik: Teori belajar yang menekankan pada pentingnya konsep keterkaitan antara stimulus dan respon dalam kegiatan pembelajaran. -Belajar: Proses alami yang dapat membawa perubahan pada pengetahuan, tindakan, dan perilaku seseorang. -Desain: Gambaran keseluruhan, struktur, kerangka, atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan. -Desain Sistem Pembelajaran: Proses sistematik yang dilakukan dengan cara menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran menjadi rancangan yang dapat diimpelentasikan dalam bahan dan aktitas pembelajaran. -Evaluasi: Proses pengumpulan data dan informasi yang dilakukan untuk menilai dan mengambil keputusan. -Evaluasi formatif: Proses evaluasi untuk memperoleh informasi tentang keunggulan dan keterbatasan sebuah program dengan tujuan untuk melakukan revisi dan penyempurnaan. -Evaluasi perorangan: Tahap awal yang perlu dilakukan dalam menerapkan evaluasi formatif. -Evaluasi sumatif: Penilaian efektivitas dan efesiensi program untuk menentukan kelanjutan penggunaan program. -Evaluasi kelompok kecil: Penilaian program yang dilakukan dengan mengujicobakan program terhadap sekelompok kecil calon pengguna yang terdiri 10-15 orang siswa. Evaluasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas program. -Evaluasi lapangan: Uji coba terhadap sekelompok besar calon penguna program tersebut digunakan dalam situasi pembelajaran yang sesungguhnya. -Gaya belajar: Kesukaan atau preferensi untuk melakukan suatu kegiatan belajar. -Gaya belajar auditori: Kecenderungan untuk memelajari materi pelajaran melalui indera pendengaran. -gaya belajar kinestetik: Kecenderungan melakukan proses belajar sambil melalukan suatu aktivitas. -Gaya belajar visual: Kecenderungan untuk memelajari pengetahuan dan keterampilan melalui indera penglihatan. -Karakteristik siswa: Ciri/sifat & atribut yang melekat pada siswa yang menggambarkan kondisi siswa, misalnya kemampuan akademis yag telah dimiliki gaya dan cara belajar, serta kondisi sosial ekonomi. -Kecerdasan majemuk: Multipotensi yang dimiliki individu, meliputi sejumlah kecerdasan seperti logis matematis, verbal linguistik, musikal, kinestetik, visual spasial, intrapersonal, dan naturalistik. -Kognitif: Kemampuan yang berkaitan dengan hal yang bersifat intelektual. -Kompetensi: Kemampuan yang dimiliki siswa oleh seseorang setelah menempuh proses pembelajaran. -Komunikasi: Proses pertukaran informasi dan pesan antara sumber dan penerima. -Konstruktivistik: Pendekatan dalam pembelajaran yang beranggapan bahwa siswa sebagai individu pembangun pengetahuan berdasarkan pengalaman yang dialami. -Media pembelajaran: Sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber kepada siswa. -Metode Pembelajaran: cara yang ditempuh untuk menyampakaikan isi/materi pelajaran pada siswa. -Model: Sesuatu yang menggambarkan adanya pola berpikir dan analogi dari suatu konsep yang digambarkan dalam bentuk grafis. -Multimedia: Program yang mampu menampilkan unsur gambar, teks, suara animasi, dan video dalam sebuah tampilan yang dikontrol melalui program komputer. -Pemahaman: Kemampuan dalam menjelaskan dan mengartikan konsep yang dipelajari. -Pembelajaran: Serangkaian kegiatan yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan terjadinya proses belajar. -Pendekatan sistem: cara pandang dan melihat sesuatu sebagai keseluruhan dan sistematik. -Pengetahuan: Tingkat kemampuan kognitif terendah, yaitu kecakapan melakukan identifikasi dan mengenal fakta dan data faktual. -Psikomotor: Kemampuan dalam mengoordinasikan gerakan tubuh untuk mencapai tujuan yang spesifik. -Sintesis: Kemampuan dalam menggabungkan komponen-komponen yang dipelajari dalam suatu kesatuan yang baru dan utuh. -Sistem: Suatu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen yang saling bersinergi untuk mencapai suatu tujuan. -Siswa: subyek dari proses dan aktivitas pembelajaran.

No comments:

Post a Comment