There was an error in this gadget

Thursday, November 17, 2011

Daftar Istilah Dalam Pembelajaran


(sumber: Benny A. Pribadi, 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat)

Daftar Istilah

-Afektif: Kemampuan Untuk memilih suatu tindakan dalam menghadapi situasi yang bersifat spesifik.

-Analisis: Kemampuan dalam mengurai konsep dan menjelaskan keterkaitan komponen yang terdapat di dalamnya.

-Analisis kebutuhan: Analisis yang dilakukan untuk mengetahui masalah kinerja yang sebenarnya sedang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan. Masalah yang ditemukan dapat menggambarkan bentuk solusi yang diperlukan, yaitu pelatihan dan non pelatihan.

-Analisis tugas: Analisis yang dilakukan terhadap prosedur pelaksanaan suatu tugas dan pekerjaan untuk memperoleh tugas dan pekerjaan tersebut.

-Analisis karakteristik siswa: Analisis yang dilakukan untuk lebih mengenal kemampuan dan potensi siswa yang akan berperan serta dalam program pembelajaran yang didesain.

-Aplikasi: Kemampuan dalam menerapkan prinsip, aturan, konsep, dan pengetahuan yang telah dipelajari.

-Behavioristik: Teori belajar yang menekankan pada pentingnya konsep keterkaitan antara stimulus dan respon dalam kegiatan pembelajaran.

-Belajar: Proses alami yang dapat membawa perubahan pada pengetahuan, tindakan, dan perilaku seseorang.

-Desain: Gambaran keseluruhan, struktur, kerangka, atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan.

-Desain Sistem Pembelajaran: Proses sistematik yang dilakukan dengan cara menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran menjadi rancangan yang dapat diimpelentasikan dalam bahan dan aktitas pembelajaran.

-Evaluasi: Proses pengumpulan data dan informasi yang dilakukan untuk menilai dan mengambil keputusan.

-Evaluasi formatif: Proses evaluasi untuk memperoleh informasi tentang keunggulan dan keterbatasan sebuah program dengan tujuan untuk melakukan revisi dan penyempurnaan.

-Evaluasi perorangan: Tahap awal yang perlu dilakukan dalam menerapkan evaluasi formatif.

-Evaluasi sumatif: Penilaian efektivitas dan efesiensi program untuk menentukan kelanjutan penggunaan program.

-Evaluasi kelompok kecil: Penilaian program yang dilakukan dengan mengujicobakan program terhadap sekelompok kecil calon pengguna yang terdiri 10-15 orang siswa. Evaluasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas program.

-Evaluasi lapangan: Uji coba terhadap sekelompok besar calon penguna program tersebut digunakan dalam situasi pembelajaran yang sesungguhnya.

-Gaya belajar: Kesukaan atau preferensi untuk melakukan suatu kegiatan belajar.

-Gaya belajar auditori: Kecenderungan untuk memelajari materi pelajaran melalui indera pendengaran.

-gaya belajar kinestetik: Kecenderungan melakukan proses belajar sambil melalukan suatu aktivitas.

-Gaya belajar visual: Kecenderungan untuk memelajari pengetahuan dan keterampilan melalui indera penglihatan.

-Karakteristik siswa: Ciri/sifat & atribut yang melekat pada siswa yang menggambarkan kondisi siswa, misalnya kemampuan akademis yag telah dimiliki gaya dan cara belajar, serta kondisi sosial ekonomi.

-Kecerdasan majemuk: Multipotensi yang dimiliki individu, meliputi sejumlah kecerdasan seperti logis matematis, verbal linguistik, musikal, kinestetik, visual spasial, intrapersonal, dan naturalistik.

-Kognitif: Kemampuan yang berkaitan dengan hal yang bersifat intelektual.

-Kompetensi: Kemampuan yang dimiliki siswa oleh seseorang setelah menempuh proses pembelajaran.

-Komunikasi: Proses pertukaran informasi dan pesan antara sumber dan penerima.

-Konstruktivistik: Pendekatan dalam pembelajaran yang beranggapan bahwa siswa sebagai individu pembangun pengetahuan berdasarkan pengalaman yang dialami.

-Media pembelajaran: Sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber kepada siswa.

-Metode Pembelajaran: cara yang ditempuh untuk menyampakaikan isi/materi pelajaran pada siswa.

-Model: Sesuatu yang menggambarkan adanya pola berpikir dan analogi dari suatu konsep yang digambarkan dalam bentuk grafis.

-Multimedia: Program yang mampu menampilkan unsur gambar, teks, suara animasi, dan video dalam sebuah tampilan yang dikontrol melalui program komputer.

-Pemahaman: Kemampuan dalam menjelaskan dan mengartikan konsep yang dipelajari.

-Pembelajaran: Serangkaian kegiatan yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan terjadinya proses belajar.

-Pendekatan sistem: cara pandang dan melihat sesuatu sebagai keseluruhan dan sistematik.

-Pengetahuan: Tingkat kemampuan kognitif terendah, yaitu kecakapan melakukan identifikasi dan mengenal fakta dan data faktual.

-Psikomotor: Kemampuan dalam mengoordinasikan gerakan tubuh untuk mencapai tujuan yang spesifik.

-Sintesis: Kemampuan dalam menggabungkan komponen-komponen yang dipelajari dalam suatu kesatuan yang baru dan utuh.

-Sistem: Suatu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen yang saling bersinergi untuk mencapai suatu tujuan.

-Siswa: subyek dari proses dan aktivitas pembelajaran.


Semoga terbantu ^^





No comments:

Post a Comment