Saturday, September 24, 2011
Daftar Istilah Dalam Pembelajaran
(sumber: Benny A. Pribadi, 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat)
Daftar Istilah
-Afektif: Kemampuan Untuk memilih suatu tindakan dalam menghadapi situasi yang bersifat spesifik.
-Analisis: Kemampuan dalam mengurai konsep dan menjelaskan keterkaitan komponen yang terdapat di dalamnya.
-Analisis kebutuhan: Analisis yang dilakukan untuk mengetahui masalah kinerja yang sebenarnya sedang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan. Masalah yang ditemukan dapat menggambarkan bentuk solusi yang diperlukan, yaitu pelatihan dan non pelatihan.
-Analisis tugas: Analisis yang dilakukan terhadap prosedur pelaksanaan suatu tugas dan pekerjaan untuk memperoleh tugas dan pekerjaan tersebut.
-Analisis karakteristik siswa: Analisis yang dilakukan untuk lebih mengenal kemampuan dan potensi siswa yang akan berperan serta dalam program pembelajaran yang didesain.
-Aplikasi: Kemampuan dalam menerapkan prinsip, aturan, konsep, dan pengetahuan yang telah dipelajari.
-Behavioristik: Teori belajar yang menekankan pada pentingnya konsep keterkaitan antara stimulus dan respon dalam kegiatan pembelajaran.
-Belajar: Proses alami yang dapat membawa perubahan pada pengetahuan, tindakan, dan perilaku seseorang.
-Desain: Gambaran keseluruhan, struktur, kerangka, atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan.
-Desain Sistem Pembelajaran: Proses sistematik yang dilakukan dengan cara menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran menjadi rancangan yang dapat diimpelentasikan dalam bahan dan aktitas pembelajaran.
-Evaluasi: Proses pengumpulan data dan informasi yang dilakukan untuk menilai dan mengambil keputusan.
-Evaluasi formatif: Proses evaluasi untuk memperoleh informasi tentang keunggulan dan keterbatasan sebuah program dengan tujuan untuk melakukan revisi dan penyempurnaan.
-Evaluasi perorangan: Tahap awal yang perlu dilakukan dalam menerapkan evaluasi formatif.
-Evaluasi sumatif: Penilaian efektivitas dan efesiensi program untuk menentukan kelanjutan penggunaan program.
-Evaluasi kelompok kecil: Penilaian program yang dilakukan dengan mengujicobakan program terhadap sekelompok kecil calon pengguna yang terdiri 10-15 orang siswa. Evaluasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas program.
-Evaluasi lapangan: Uji coba terhadap sekelompok besar calon penguna program tersebut digunakan dalam situasi pembelajaran yang sesungguhnya.
-Gaya belajar: Kesukaan atau preferensi untuk melakukan suatu kegiatan belajar.
-Gaya belajar auditori: Kecenderungan untuk memelajari materi pelajaran melalui indera pendengaran.
-gaya belajar kinestetik: Kecenderungan melakukan proses belajar sambil melalukan suatu aktivitas.
-Gaya belajar visual: Kecenderungan untuk memelajari pengetahuan dan keterampilan melalui indera penglihatan.
-Karakteristik siswa: Ciri/sifat & atribut yang melekat pada siswa yang menggambarkan kondisi siswa, misalnya kemampuan akademis yag telah dimiliki gaya dan cara belajar, serta kondisi sosial ekonomi.
-Kecerdasan majemuk: Multipotensi yang dimiliki individu, meliputi sejumlah kecerdasan seperti logis matematis, verbal linguistik, musikal, kinestetik, visual spasial, intrapersonal, dan naturalistik.
-Kognitif: Kemampuan yang berkaitan dengan hal yang bersifat intelektual.
-Kompetensi: Kemampuan yang dimiliki siswa oleh seseorang setelah menempuh proses pembelajaran.
-Komunikasi: Proses pertukaran informasi dan pesan antara sumber dan penerima.
-Konstruktivistik: Pendekatan dalam pembelajaran yang beranggapan bahwa siswa sebagai individu pembangun pengetahuan berdasarkan pengalaman yang dialami.
-Media pembelajaran: Sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber kepada siswa.
-Metode Pembelajaran: cara yang ditempuh untuk menyampakaikan isi/materi pelajaran pada siswa.
-Model: Sesuatu yang menggambarkan adanya pola berpikir dan analogi dari suatu konsep yang digambarkan dalam bentuk grafis.
-Multimedia: Program yang mampu menampilkan unsur gambar, teks, suara animasi, dan video dalam sebuah tampilan yang dikontrol melalui program komputer.
-Pemahaman: Kemampuan dalam menjelaskan dan mengartikan konsep yang dipelajari.
-Pembelajaran: Serangkaian kegiatan yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan terjadinya proses belajar.
-Pendekatan sistem: cara pandang dan melihat sesuatu sebagai keseluruhan dan sistematik.
-Pengetahuan: Tingkat kemampuan kognitif terendah, yaitu kecakapan melakukan identifikasi dan mengenal fakta dan data faktual.
-Psikomotor: Kemampuan dalam mengoordinasikan gerakan tubuh untuk mencapai tujuan yang spesifik.
-Sintesis: Kemampuan dalam menggabungkan komponen-komponen yang dipelajari dalam suatu kesatuan yang baru dan utuh.
-Sistem: Suatu kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen yang saling bersinergi untuk mencapai suatu tujuan.
-Siswa: subyek dari proses dan aktivitas pembelajaran.
No comments:
Post a Comment